Senyum dan Canda Tawa Santri Nurul Ummah


Edisi Haflah Akhirussanah dan Harlah PP Nurul Ummah XXVI

“Di sini …rumah kita,,,rumah kita sendiri,,,” , lantunan kang Jajang dalam lagunya….
PP Nurul Ummah menyelenggarakan peringatan hari lahirnya yang ke-26 dan haflah akhirussanah serta disusul dengan peringatan malam nisfu sya’ban. Acara tersebut merupakan agenda  rutin tiap setahun sekali pada akhir tahun pembelajaran di PP Nurul Ummah.

Acara tersebut terlaksana di komplek PP Nurul Ummah dan masjid al-Faruq yang  berlangsung selama kurang lebih sepuluh hari. Panitia acara haflah dan harlah PPNU ini adalah kelanjutan dari kepanitiaan acara haul ke-7 pengasuh PPNU Al maghfurlah KH Asyhari Marzuqi yang telah berlangsung beberapa waktu silam. Sebagaimana acara haflah dan harlah pada tahun lalu, acara tersebut juga diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti kerja bakti massal, perlombaan, dan pentas seni. Untuk perlombaan sendiri terdapat beberapa macam seperti tenis meja, volley ball d’Plastico , lomba masak, dan yang menjadi ikon dalam acara ini adalah lomba kebersihan kamar.

Acara Haflah Akhirussanah dan harlah PP Nurul Ummah tersebut bertujuan untuk memperingati dan memperkenalkan kepada para santri tentang lahirnya pondok tercinta ini. Tujuan lain adalah untuk mengisi hari libur setelah menjalani kegiatan pembelajaran di pondok pesantren selama satu semester penuh. 
Dengan mengikuti berbagai lomba yang telah diselenggarakan oleh panitia santri diharapkan semangat di pesantren semakin meningkat. Perlombaan ini juga sebagai ajang mencari santri berbakat dan bertalenta dengan harapan setelah menempuh perjalanan panjang mencari ilmu di pondok juga mampu menguasai di bidang yang dikuasai. Partisipan acara tersebut adalah semua santri, baik santri pelajar ataupun santri mahasiswa.

Pembukaan acara harlah ke-26 dilaksanakan pada hari kamis, 7 juli 2011 dilaksanakan di masjid al-Faruq oleh ketua panitia Bp. Badarudin Syafi’i, dan  hari berikutnya adalah kerja bakti massal sekaligus mempersiapkan sesuatu yang diperlukan dengan melibatkan semua santri.

Adapun  untuk pertandingan Volley ball d’Plastico dari tim mahasiswa dilaksanakan pada pagi hari, sedangkan untuk pertandingan dari tim pelajar dilaksanakan pada sore hari dikarenakan pagi hari tim pelajar mengikuti kegiatan sekolah.  Sedangkan tenis meja dilaksanakan malam hari dengan jenis pertandingan ganda putra dan tunggal putra. Pertandingan tenis meja tidak dipisahkan antara pelajar dan mahasiswa dikarenakan peserta dari pelajar sangat kurang, meski begitu lomba volley ball d’Plastico dan tenis meja sangat meriah dan banyak kejadian yang tak terduga sebelumnya oleh para santri seperti tumbangnya tim volley mahasiswa oleh pelajar di laga final.

Kamis (14/07),  setelah selesai sholat ‘isya berjama’ah dan membaca surat Waqi’ah sebagaimana biasanya, panitia telah menyiapkan arena lomba di depan komplek B untuk menyelenggarakan perhelatan lomba yang fenomenal tahun ini, yaitu lomba masak dengan pembagian  tim menyesuaikan tim  pertandingan Volley ball d’Plastico. Lomba masak malam tersebut di sediakan bahan dasar ayam potong dengan biaya mandiri dari iuran per tim.

Sore yang begitu mesra menyambut dewan juri yang telah menilai lomba kebersihan kamar, satu persatu semua kamar didatangi untuk memastikan kamar mana yang pantas menjadi juara. Malam hari sa’at  bulan memancarkan sinarnya yang begitu terang, acara pentas seni dimulai yang dimeriahkan oleh performa dari MTS Nurul Ummah, MA Nurul Ummah, Yusuf Community dari Kebumen, Dalang Ki Mantep Wagiyo, dan  Sangkal Makhab Band, kolaborasi Teater Sangkal dengan Nurul Makhabah. 

Acara haflah akhirussanah dan harlah yang ke-26 kali ini ditutup dengan acara mauidotul hasanag pada malam Ahad (16/7) dengan tema Mengevaluasi Masa lalu untuk Menatap Masa Depan lebih Baik dengan pembicara Bpk K. H. Wakhid Hasyimi.(Imdad/YM)

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© KORAN NURMA | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger