OPINI

Kritislah dalam Bersholawat! Mari Belajar!
Oleh : Udin*

 Bagi yang belum terbiasa, kritik lebih cenderung diartikan sebagai hal yang resisten, nrecel, dan nulayani adat. Karena hal itu, kritikan sering diberikan stereotip yang cenderung negatif. Padahal seharusnya tidak! Kalau hanya karena dikritik kemudian merasa minder, pesimis, apalagi sampai memberikan cap kepada si pengkritik dengan penilaian yang spekulatif tentu itu bukan mental orang yang berpikiran dewasa.
Berikut ini hanya sekedar “klarifikasi”. Tujuannya tidak lain adalah agar kita bisa ngelmuni dan meletakkan secara proporsional bagaimana seharusnya kita bershalawat –selain juga meneruskan beberapa perbincangan yang agak menarik akhir-akhir ini di koran nurma tercinta ini.

Pertama, tentang hadits-hadits mengenai shalawat. Kita tahu, di zaman teknologi canggih saat ini, sekedar menukil hadits bukanlah hal yang sulit. Untuk mencari puluhan argumen penguat “cinta shalawat”, Anda bisa dengan mudah langsung tanya ke Mbah Google dan beliau akan memberikan daftar panjang hadits itu –tinggal copy-paste.
Yang sulit adalah bagaimana menganalisis, menafsirkan, dan menginterpretasi dari banyak hadits itu. Dan bagaimana agar dari banyak hadits itu bisa disinkronkan dengan hadits atau ayat-ayat lain agar didapat kesimpulan yang komprehensif dan jami’-mani’ (jelas cakupannya, jelas batasannya). Barangkali perlu dicatat, Imam al-Ghazali pernah menyatakan bahwa orang-orang yang sibuk menukil hadits, hanya berpegang pada satu-dua hadits dan merasa mencapai kesimpulan final, kemudian ia mengabaikan hal-hal lain yang lebih prioritas dari itu, ia termasuk salah satu dari golongan yang maghrurin/tertipu (lihat: Ashnaful-Maghrurin, al-maktabah asy-syamilah, hal. 7-8)
Ambil contoh! Bila ada pertanyaan : siapakah manusia paling utama? Orang yang gemar shalawat akan bilang: inna awlan-nasi bi yawmal-qiyamah aktsruhum ‘alayya shalatan. Orang yang mengajar al-Quran akan menukil: khairukum man ta’allama al-Quran wa ‘allamahu. Orang yang berkhidmat di masyarakat akan bilang: khairun-nas anfa’uhum linnas.  Orang yang banyak beramal baik akan mengucapkan: khairun-nas man thala ‘umruhu wahasuna ‘amaluhu. Bagaimana mengkompromikan hadits itu? Ada banyak versi tentang orang terbaik. Dan seharusnya yang terbaik hanya satu, karena suatu yang superlatif sifatnya hanya ada satu. Itu menjadi satu catatan bahwa kita tidak bisa mengambil legitimasi hanya dari satu-dua hadits saja.
Kedua, katakanlah hadits mengenai keutamaan shalawat dan cinta tanpa hadirnya hati dan tahu maknanya shalawat itu benar. Lalu bagaimana kita menafsirkannya? Misal: orang yang lalai dan tidak hadir hatinya dalam bershalawat tetap diampuni dosanya yang sebesar gunung. Bagaimana kalau kita hadapkan itu dengan hadits tentang al-Quran yang menyatakan bahwa banyak orang membaca al-Quran dan Quran melaknatnya (rubba qariil-quran wal-quran yal’anuhu), yakni yang tidak mau memahami maknanya. Secara mudah akan diambil kesimpulan berikut: kalau al-Quran yang membaca tanpa tahu artinya saja dan sudah dianggap ibadah masih mendapat ancaman, apalagi shalawat yang redaksinya buatan manusia? Mungkin karena gobloknya  cara berpikir saya, hal itu sulit dicerna.  Belum lagi kalau hal itu “dibenturkan” dengan begitu banyak pendapat di kalangan ulama.
Hal yang menurut saya penting adalah, kita tidak bisa serta merta berpegang pada satu-dua hadits untuk mendapatkan kesimpulan yang valid dan komprehensif ihwal agama kita. Mengapa itu penting? Hal inilah yang, menurut saya, berimbas besar pada bagaimana kita menempatkan nubuwwah dan basyariyyah Nabi secara proporsional. 
Ketiga, apakah shalawat boleh untuk pamer? Apakah itu berlaku untuk shalawat saja atau ibadah lainnya? Bagaimana kalau membaca al-Quran juga untuk pamer? Bagaimana kalau mencari ilmu untuk cari ketenaran karena dengannya bisa membuat orang menimba ilmu darinya? Bagaimana mengkompromikan itu dengan konsep keikhlasan dalam beribadah (wama umiru illa liya’budullaha mukhlisina lahud-din)? Ini rentan disalahgunakan, dan sayangnya tidak disertai dalil dan hujjah yang kuat.

Keempat, ashlat-takwin tidak berarti “awal” atau “komponen” penciptaan dari awal hingga akhir, tetapi berarti “alasan”. Apakah pertanyaan bila Nabi tidak ada lalu alam ini tidak ada adalah pertanyaan yang tidak bijak? Atas dasar apa alam ini diciptakan? Bagaimana mengkompromikannya dengan ayat wama khalaqtul-jinna wal-insa illa liya’budun? Ini bukanlah pertanyaan yang tidak bijak, justru membutuhkan penalaran yang mendalam agar antara ayat dan hadits tidak terjadi mukhlafah wal-mughayarah.
Kelima, mengenai hadits dari Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fathul-Bari. Tampaknya perlu diketengahkan secara lebih komprehensif bagaimana penafsiran terhadap hadits itu. Redaksi hadits “anta ma’a man ahbabta” ada di Shahih Bukhari (versi maktabah syamilah) hadits no. 3485, 5815, 5819, & 6734.  Dan redaksi haditsnya pun tidak satu macam. Riwayat dari Abu Na’im dan Masruq misalnya, ada tambahan begini: anta ma’a man ahbabta wa ‘alaika ma iktasabta wa ‘alallahhi ma ihtasabta. Sejauh yang saya baca, Rasulullah mengatakan itu agar mudah dipahami oleh orang badui yang wataknya kasar dan tidak ada keterangan badui itu bersama Nabi hanya dengan mengandalkan cinta semata tanpa ada implementasi.
Keenam, perlu kiranya kita memilah dan memilih, apa yang sebenarnya harus kita prioritaskan dalam ibadah. Sebagaimana kita tahu, tugas seorang santri adalah: belajar! Seberapa besar pahala belajar bila dibanding shalawat? (1) Nabi mewariskan ilmu, bukan shalawat (hadits: lam yuritsu dinaran wala dirhaman, innama waratsu al-‘ilma, faman akhadzahu faqad akhadza bihadhdhin wafirin) (2) satu orang faqih lebih baik dari pada 1000 ahli ibadah (liat nazham di ta’lim muta’allim) (3) thariqah paling utama adalah thariqah ta’lim wat-ta’allum, bukan shalawat (4) Imam Syafii mengatakan: thalabul-ilmi lebih baik dari pada shalat nafilah, dan masih banyak lagi.
Terakhir, tidakkah disini ada solusi yang membangun? Ada. Tegasnya, saya punya usul begini: shalawatan di masjid tiap malam jumat wage lebih baik bersifat anjuran saja, tidak usah diwajibkan untuk semua santri. Yang ingin ikut silahkan ikut, yang tidak ingin, tidak usah ikut. Ibadah sunnah tidak satu bentuknya. Ada banyak cara untuk bertaqarrub ilallah. Dan masing-masing mempunyai “andalan” tersendiri. Alangkah lebih baik kalau itu tidak dipaksakan. Sekali lagi, tugas paling utama santri adalah : belajar! Wallahu A’lam.*santri biasa, wong ndeso asal mBantul.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© KORAN NURMA | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger